Jumat, 01 Oktober 2010

SISTEM KEAMANAN "WINDOWS VS LINUX"

WINDOWS VS LINUX

Setelah mengetahui windows dan linux darii berbagai sisi, sekarang kita bisa menganalisis kekurangan dan kelebihan dari keduanya. Berikut ini adalah mengenai kekurangan dan kelebihan dari sistem operasi windows dan linux:
1. Windows
a) Kelebihan :
- user friendly, ini disebabkan windows memang didesain agar user mudah
untuk mengoperasi kan windows.
- Aplikasi dan software banyak dipasaran,banyak software software yang
kompatibel dengan windows
- Lebih mudah mencari teknisi jika terjadi crash, karena banyak teknisi yang
mengerti sistem opersi windows
b) Kekurangan :
- biaya lisensi yang cukup mahal, Windows XP berharga sekitar US$300.
- Tingkat keamanan yang kurang karena banyak karena jumlah virus yang
dapat merusak windows sangat banyak.

- Jika ada celah dalam windows, konsumen hanya bisa menunggu pihak dari microsoft menutup celah tersebut, hal disebabkan karena windows bersifat closed source.
- Perkembangan lambat, karena rilisnya produk baru tergantung dari pihak
microsoft.
2. Linux
a) Kelebihan :
- open source, tidak berlisensi dapat dikembangkan oleh siapa saja tentu
yang mengrti soal linux (tingkat advanced).
- Sedikitnya virus yang berkembang di linux membuat sistem operasi ini
memiliki tingkat kemanan yang ckup tinggi.


- Perkembangan linux sangat cepat, jika kita lihat dalam paper ini linux lebih banyak karena dalam satu tahun saja linux dapat merilis lebih dari satu sistem operasinya yang terbaru.
b) Kekurangan :

- susah mencari teknisi jika terjadi crash, karena tidak begitu banyak orang yang mengerti linux bila dibandingkan dengan windows. Namun saat ini sudah banyak orang yang beralih ke linux.
- Tidak user friendly, karena tampilan yang sulit dimengerti oleh user.
- Banyak software/aplikasi yang tidak kompatibel dengan windows.
Berikut ini adalah tabel perbandingan antara sistem operasi windows dan linux :






Setelah kita mengetahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing sistemoperasi windows dan linux, pilihan ada di tangan end user, mana yang baik dari kedua sistem operasi tersebut. Menurut itu semua adalah subjektif, kedua-duanya tentunya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaan sistem operasi windows dan linux juga sesuai dengan kebutuhan nya. Tidak mungkin untuk pembelajaran sekolah dasar sampai menengah menggunakan sistem operasi linux. Untuk tingkat pendidikan sekolah dasar dan menengah saya rasa siswa-siswa belum sanggup untuk menerima linux. Dan sebaliknya untuk perguruan tinggi sebaiknya menggunakan linux, begitu juga diperkantoran. Karena dengan linux yang bersifat open source perkantoran dapat menghemat budget, hal ini dikarenakan perkantoran menggunakan jumlah pc yang banyak dalam setiap kantornya. Sedangkan untuk perguruan tinggi sangat bermanfaat sebagai pembelajaran sistem operasi yang lebih adavanced. Selain itu dengan menggunakan linux mahasiswa diharapkan dapat menciptakan inovasi linux nya sendiri karena linux bersifat open source siapa saja dapat mengembangkannya. Semua pilihan tergantung kepada kita sebagai end user. Jadi, manakah yang lebih baik? Windows atau linux? Jawaban nya adalah subjektif

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar